Pengetahuan Administrasi Bisnis

Selama ini administrasi selalu diposisikan lebih rendah dari manajemen dan hanya mengerjakan pekerjaan clerk semata. Padahal, administarsi jauh lebih tinggi dan elegan dibanding dengan manajemen. Sebab, administrasi seharusnya difungsikan sebagai penentu kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi penentu arah arah organisasi dan kontrol akhir pengelolaan bisnis.
Jadi dapat disimpulkan administrasi bukanlah clerk melainkan penentu kebijakan perusahaan.

 
Dalam tataran strategis dan operasional, pengelola bisnis harus memiliki 5 kriteria, yaitu :
• Helicopter View: kapasitas melihat dalam kerangka lebih luas.
• Analysis: kemampuan mengevaluasi situasi dan kondisi bisnis dengan logis.
• Imagination: kemampuan kreativitas, inovasi dan selalu berpikir outside the box.
• Reality: kemampuan menggunakan informasi secara realistic dan rasional.
• Leadership: kemampuan untuk memimpin dan mampu menjadi inspirasi bagi bawahan.

 
Untuk itu, seorang pengelola bisnis diharapkan mampu memadukan aspek pemasaran, sumberdaya manusia, keuangan/akuntansi, produksi dan operasional.
Banyak orang berpikir entrepreneur sebagai semata-mata pembentukan bisnis baru, tapi sebetulnya jauh lebih dari mengetahui bagaimana untuk memulai sebuah perusahaan baru.
Dengan Anda memahami dan mengembangkan pengetahuan mengenai ilmu Admnistrasi bisnis, Anda dapat melihat persoalan bisnis secara lebih holistik, pemecahan masalah lebih kreatif, mampu menganalisis dan mensintesis konsep untuk pemecahan masalah, sehingga memiliki kemampuan sebagai pelaku bisnis profesional baik intrapreneur maupun entrepreneur.

https://sulitnih.com/2013/02/20/entrepreneur-dan-administrasi-bisnis/

Tinggalkan komentar